Pengalaman Asi Seret Hampir 2 Minggu!!

Hi semuanya! Udah lama bangeeet aku ga ngeblog! Omg Apakabar??? Semoga klean semua sehat yašŸ«¶šŸ» Sedikit intermezo ya, akhirnya aku menikah dengan laki-laki tipe idaman aku banget! Hahaha.. yang aku percaya tadinya gak mungkin ada dimuka bumi ini. Tapiii alhamdulillah akhirnya Allah SWT kasih aku jodoh macam cowok-cowok yang aku suka like di instagram itu lahšŸ˜‚ Lol! Dan end up punya bayi lagiā€¦ Namanya Nadheera! Yup, another baby girls šŸ˜„

Nah jadi udah tau dong yhaaa Asi ini untuk siapaaaā€¦ gak mungkin buat Kak Celine yakanšŸ¤­ hihi

Baby Nadheera full Asi guys. Sebetulnya pernah kena sufor karena asi aku seret, gak kekejarā€¦ Nanti aku bakalan kasi tau sufor yang aku pakai di akhir tulisan ini yah.

Gimana awal Meng-Asi-hi?

Dari awal baby Dheera lahir, aku langsung menyusui, nggak pakai dot, tapiii pengalaman yang lalu nih, zaman Kak Celine tuh aku gak berhasil nyusuin langsung! Karena aku gak belajar. Dah tuh! Nah giliran dek Dheera aku mau belajar sungguh2, dan alhamdulillah berhasil walaupun ternyata gak bener-bener amat cara nyusuinnya, alhasil lecet-lecet lah itu yakanā€¦. Bikin meriang, galau, lala lili pokoknya nano nano, tapi tetep dilakoni. Sampai akhirnya aku gak kuat karena lecetnya makin menjadi-jadi. Sehingga aku memutuskan full pumping šŸ‘šŸ» Tetep Asi tapi full pumping.

Setelah melahirkan, baby Dheera dimomong siapa?

Nah iniā€¦ kalo pembaca lama kayaknya tau, kalo aku ngerawat bayiku selalu 90 persen pakai tangan aku semua. Art ada, cuma buat nyuciin botol, nyetrikain baju adek (karena yang nyuci baju pun aku dan papanya), dan perintilan lain deh.. So, baik itu Celine atau Dheera semuanya sama aku langsung. Agak bangga sih, karena emang sungguh jompo club. Kalo nanya lagi, ā€œdari masih nempel ari-ari di puser de???ā€, jawabnya, ā€IYAPā€. Hehe

Setelah memutuskan full pumping, tentu ada plus minus yaā€¦

Plus nya yang jelas puting aku gak lecet lagi, terus aku jadi tau jumlah asi yang aku hasilkan, aku tau anak aku minum berapa banyak, dan tau asi aku bagus atau enggak.

Minusnya, ribettt! Kalo pumping electric mesti bawa alat segambreng, ya power bank, botol nya ada dua kanan kiri, selang, tas buat alat pumping, cooler bag, ice gel, botol asi, dan lain sebagainya. Kadang kelamaan gak langsung di simpen ke kulkas karena kelupaan, asi nya basi. Duh sedih beud. Tapi itu awal aja sihā€¦ sekarang like a pro. Huehuehue

Oh ya aku mau kasi tau botol dot yang aku pake buat baby Dheera nih.

1. Avent Philips Classic, ini sih udah biasa lah yaaa kayaknya kalo gak Dr Browns ya ini. Link beli

2. Tomme Tippe, aku lebih suka yang ini sih ketimbang avent classic, makanya sekarang selalu pake Tomme Tippe ini Link beli

Back to topicā€¦.. Awal mula asi seretā€¦

Alhamdulillah dulu nih, dari awal pumping selalu menghasilkan banyak susu. Untuk ukuran adek masih minum sedikit aku langsung bisa nyetok buat asi bekunya.

Begini terus sejak awal pumping. Gimana gak happy ya kan mamake. Alhamdulillah bangeeet ya kan… Btw, ini aku selalu pakai pumping manual ya, ada yang electric tapi engga bener-bener kosong rasanya.

Udah deh tuh, karena pegel tiap pumping full terus, mulai mager dan beli lah pumpingan electric yang double (kanan kiri) maksudnya biar cepet selesai setiap pumping. Apalagi pumping malem yakannnā€¦ ngantuk shayšŸ˜„

Namunā€¦ ini mungkin juga ada sedikit unsur takabur jadi dikasih cobaan sama Allah, karena aku terlena. Udah punya pumping electric double jadilah aku elek-elekan pumpingnya. Bayangin, dua malam aku skip sesi pumping tengah malem. Maklum, udah jompo bgt ni akuā€¦ you know what!! hari ke dua persis pagi nya aku mau pumping, payudara aku kosooong, bergerenjel sakit banget, gak ada isinya. Biasanya kenceng ketarik dan full asi. Ini nggak, lembek, enteng, dingin kayak ga ada proses pembuatan asi. Waduhhh!!! Apa yang aku takutkan terjadi karena ulah aku sendiri. Stupid banget!!!

Sepanik itu! Bayangin, anggeplah aku mulai pumping jam 6 pagi, sampai jam 7.15an aku gak nyentuh 100ml. Biasanya botol kapasitas 120ml atau 180ml bisa full gak sampai 10 menit.

deskripsi : hasil pumping selama lebih dari 1 jam.

Wah!!! Bener-bener panik! Suami orang pertama yang ngeh kalau aku panik. Iya lah bener-bener lelah, khawatir, kecewa, aura aku tiap abis pumping surem banget walaupun aku gak berusaha nunjukkin kalau aku panik, tapi suami tau. Pegel bangettt, tiap pumping gak sampai 100ml atau super jarang deh dapet 100ml mau pakai yang manual atau electric, sama-sama gak ngaruh! Payudaraku kosong!!

Baca-baca di googleā€¦

source google.com

Isinya beginian semua, yang mana semua aku lakuin. Dari mulai di massage, power pumping, minum asi booster, minum jamu, diajak jalan sama suami (walopun ga jauh, asal keluar rumah aja udah happy akutu), dan sebagainya lah yaaa. Semua aku lakuin demi asiku balik seperti semula. Aku berusaha banget positive thinking tapi jujur susah banget, nyaris mikir oh yaudah deh Dheera sufor aja, tapi yakaliiiā€¦ segitu aja nih? Akhirnyaaa aku memutuskan untuk tetep berusaha, caranya gimana? Mind set nya aku buat seolah-olah kayak aku baru lahiran lagi. Itu kan butuh waktu ya, buat ASI ku bisa banyak kayak dulu lagi, jadi aku Telatenin banget minum air putih, minum jus, minum air kelapa, makannya gak di kurang-kurangin, pokoknya semuanya aku lakuin dehā€¦ sama yang jelas KUDU HAPPY!

Hasilnya pelan-pelan mulai banyak lagi, fun fact nyaā€¦ aku malah gak minum Asi Booster lagi. Ini karena rajin makan BUBUR KACANG HIJAU, sayur katuk dimasak sayur bening gitu, terus makan seperti biasa. Tapi yang signifikan itu ya setiap makan bubur kacang hijau dan ketan hitam sih, jadi lebih banyak Asi nya. Air putih juga ngaruh banget!

Mau udah minum jus, susu, or apa aja lah yaaa tapi minum air putih nya kurang, TERNYATA bikin Asi gak sebanyak kalo kita rajin minum air putih loh. Btw aku sekali pumping maksimal 320ml ya, belom pernah lebih dari itu. Itu pun aku syukuri banget ya Allahā€¦

Nih aku list ya apa aja yang biasa aku konsumsi selama Asi dan aku percaya ini ada pengaruhnya sama Asi aku.

1. Mom uung asi Booster : Beli Asi Booster Mom Uung , Dari sebelum lahiran aku udah konsumsi ini, alhamdulillah setelah lahiran ga ada masalah dengan per Asi-an hehe

2. Almond milk dari Momsy : Beli Momsy Almond Milk ini rasanya kayak energen cereal yang Vanilla. Kalo aku sih suka yaaa.. udah cobain almond milk yang mom uung aku kurang sukaaa.. tapi yang Momsy deilehh doyan sih akuuuh!

3. Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam. Juaraaa! Kalo kalian tinggal di daerah bintaro, search aja Studio Dedy Corbuzier di depannya (sebelum) dipinggir jalan, ada gerobak gitu jual Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam, Dijamin endullll!!! Bersih, enak, murmer!!!

4. Jamu Lancar Asi dari dian mustika : Beli Jamu Lancar Asi Dian Mustika Nah kalo ini aku taunya karena abis lahiran ambil paket pijat setelah melahirkan 15 hari disini. Trus aku dikasih jamuuu ya jamu ini, dan emang jamunya ngefek banget. Baru beberapa hari adek lahiran, aku sekali pumping 150 itu gak sampai 10 menit lah Masha Allah banget kanšŸ˜€

5. Kacang Almond (beli yang kiloan aja) karena enak dicemilin. banyak kok di toko oren atau ijo, cuss..

6. Sayuran hijau , buah-buahan, dan lainnya sebagai pendukung yaaa

Tapi dari semua itu tetep yang PALING PENTING adalah air putih. Fix no debat! Hehehe yaudah sekian ya cerita tentang per-asi-an ku. Semoga bermanfaat buat pembaca. Semangat menyusui buat para mommy, sehat selalu ā¤ļø

Oh ya aku mau kasi tau 2 sufor yang pernah aku pakai di awal mengAsihi, tapi ini cuma buat back up doang, bukan buat minum tiap hari yaaa ā˜ŗļø

1. Nan pH Pro 1 Link beli

2. Bellamyā€™s Organic Link beli

Nah aku rencana lanjutin pakai yang Bellamyā€™s ini kalo adek gak minum Asi lagi nantiā€¦ soalnya aku ga suka rasa Nan Pro lagian kan adek gak alergi susu sapi yaaa jadi Bellamyā€™s aman šŸ’œ hheehe monggo yaa yang mau cek cek susu formula yang aku rekomendasiin tadi barangkali cocok.

Btw anyway buswayā€¦ aku mau ucapin maaciw buat suamiku tercintaa yang udah selalu support aku dengan sungguh-sungguh! Sabar banget ya Allah gak tau lagi deh, selalu yakin sama kemampuan aku, pokoknya selalu kasih afirmasi positive di hidup aku. Super duper makasih ya sayangku. Mi lof yu so much!!!

Diterbitkan oleh deastyzasqiya

I love the idea of simplicity

Tinggalkan komentar